Sumbawa Diwacanakan Sebagai Lokasi Pencangan Peduli Ilegal Loging

Date:

Abdul Rafiq PDIP Sumbawa
Abdul Rafiq
Ketua Fraksi PDI Perjuangan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Kabupaten Sumbawa rencananya akan dijadikan sebagai lokasi kegiatan pencanangan peduli illegal loging. Selain karena hutan Sumbawa sangat luas, terjadinya kasus-kasus illegal loging di Sumbawa juga menjadi salah satu pertimbangan. Untuk mencegah hal itu perlu dibangun gerakan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, melalui pencanangan peduli illegal loging.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq kepada Kabar Sumbawa, Senin (24/10/2016), setelah beberapa waktu lalu bersama anggota Komisi II bertemu langsung dengan Menteri Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar.

Baca juga:  Sail To Indonesia 2024, Bupati : Kesempatan Perkenalkan Ciri Khas Daerah

Dikatakan Rafiq, dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Dr. Zulkiflimansyah tersebut juga membahas tentang program reboisasi terhadap hutan-hutan kritis di sejumlah lokasi hutan di Kabupaten Sumbawa. Sehingga diharapkan 10 hingga 20 tahun ke depan hutan yang tadinya gundul dapat hijau kembali.

“Anggaran untuk reboisasi jumlahnya sangat besar, jika dilihat dari luas hutan Sumbawa maka diperlukan anggaran sekitar Rp. 3 Triliun, sehingga diperlukan perencanaan yang matang,” ujar Rafiq.

Hal lain yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut, kata Rafiq adalah menyangkut pembangunan dermaga Teluk Santong. Sebagaimana diketahui rencana pembangunan dermaga Teluk Santong sudah cukup lama, namun belum ada solusi karena terkendala sebagian lahan yang akan digunakan merupakan kawasan hutan. Pada kesempatan tersebut menteri menyatakan siap untuk membantu untuk memperlancar proses pembangunan dermaga tersebut.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Kemenhut juga sangat mengapreasiasi berbagai langkah yang telah dilakukan Pemda Sumbawa, dengan telah dilaksanakannya operasi gabungan memberantas illegal loging yang melihatkan berbagai unsur terkait. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...