Rugikan Perusahaan Hingga Miliaran Rupiah, Dua Orang Diamankan Polisi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Sumbawa, Polda NTB, berhasil mengungkap kasus penggelapan yang terjadi di PT. SMP. Kanit Pidum dan anggota Pidum 2 melakukan penahanan terhadap dua terduga pelaku, yakni MR (24) dan SS (26) pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2024, sekitar pukul 14.30 WITA.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, IPTU Regi Halili S.Tr.K SIK, Senin (13/05/2024) menjelaskan, kasus penggelapan ini terkuak berkat laporan dari Wilson Hans Christian, seorang karyawan swasta, warga Surabaya Jatim, yang melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sumbawa.

“Kronologi kejadian bermula pada bulan Maret 2023 di gudang jagung PT. SMP yang terletak di Jalan Lintas Sumbawa – Bima, Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa. MR dan SS telah melakukan penggelapan dengan cara membuat nota fiktif barang,” kata kasat.

Baca juga:  Ringkus 2 Terduga Pelaku Narkoba di Empang, Polisi Sita 108,40 Gram Sabu

Dikatakan, 2 terduga berkolaborasi dengan An, petugas Quality Control (QC) untuk mengelabui perusahaan. SS mengajak untuk membuat nota fiktif barang. Sebelum pembuatan nota, MR berkomunikasi dengan An mengenai ciri-ciri truk yang dikirim oleh SS. Kemudian lanjut kasat, SS juga telah berkomunikasi dengan supplier, AS untuk membuat kesepakatan bahwa MR akan membuat nota fiktif atas nama supplier tersebut.

“MR kemudian diminta oleh SS untuk menambah berat jagung dalam nota pembelian. Sedangkan An mengurangi kolom kadar air dan menambah jumlah karung dalam nota tersebut. Setelah nota fiktif dibuat, MR menandatanganinya dan kemudian diserahkan kepada sopir,” kasat menjelaskan.

Baca juga:  JPU Dakwakan Nyonya Lusi Rugikan Ang San San 46 Juta Rupiah

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain rekening koran PT. SMP, rekening koran MR, rekening koran AS, rekening koran AB, rekening koran SS dan 73 nota fiktif barang.

“Kita juga amankan 73 nota laporan barang, akte pendirian PT. SMP, dan hasil audit. Kerugian perusahaan sebesar Rp.2.667.000.000,” tegasnya.

Saat ini anggota Pidum 2 Sat Reskrim Polres Sumbawa berhasil menahan kedua terduga pelaku bersama dengan barang bukti untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Penangkapan ini sebagai bukti nyata komitmen Polres Sumbawa dalam memberantas tindak kejahatan ekonomi di wilayah Sumbawa,” tutup kasat. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

JPU Dakwakan Nyonya Lusi Rugikan Ang San San 46 Juta Rupiah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dugaan tindak pidana penggelapan yang...

Ringkus 2 Terduga Pelaku Narkoba di Empang, Polisi Sita 108,40 Gram Sabu

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satres Narkoba Polres Sumbawa berhasil...

Imigrasi Sidak Jagratara di Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Kantor Imigrasi Kelas II TPI...

Kuasa Hukum Nilai Nyonya Lusy Tidak Lakukan Penggelapan, Tindakan APH Dianggap Keliru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Nyonya Lusi yang dijadikan tersangka...