Gelar GPM, Cara Pemkab Sumbawa Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan bagi masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM).

GPM yang berlangsung di Pasar Milenial Brang Bara Kecamatan Sumbawa, Selasa (20/02/2024) pagi itu, menghayediakan bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, hingga daging dengan harga murah.

Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany terjun langsung untuk memantau pelaksanaan GPM. Hadirnya Wabup didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Irin Wahyu Indarni, Kepala Dinas Pertanian Ni Wayan Rusmawati, Sekdis Kelautan dan Perikanan, Kabag Ekonomi, serta lainnnya. Hadir pula Pimpinan Cabang Bulog Sumbawa.

“Pemerintah bekerjasama dengan Bulog, dan kita memastikan tadi sudah rapat dengan Bupati, stok beras di Bulog 2.100 ton dan aman sampai panen nanti,” terang Wabup kepada wartawan, disela kegiatannya.

Baca juga:  Bupati Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Osap Sio

Ditegaskan, Pemkab Sumbawa akan terus melaksanakan GPM di beberapa Kecamatan lainnya. Terutama di daerah yang rawan, seperti wilayah kepulauan dan pegunungan.

“Pemerintah akan selalu keliling GPM di semua kecamatan, khususnya daerah rawan seperti kepulauan, pegunungan menjadi prioritas,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kadis Ketahanan Pangan Sumbawa Irin Wahyu Indarni menjelaskan, pelaksanaan GPM ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. Karena diketahui, harga pangan di lapangan sudah meningkat.

“Jadi, selain meluncurkan lewat kios pangan yakni kios SPHP di setiap pasar setiap hari diluncurkan 2 ton oleh Bulog, dan GPM untuk menyediakan pasokan bagi masyarakat untuk menandingi beras yang terlalu tinggi. GPM ini akan kita adakan di kecamatan lainnya,” kata Irin.

Baca juga:  Bupati Kukuhkan 914 Anggota BPD Perpanjangan Masa Jabatan

Sementara Kabag Ekonomi Setda Sumbawa, Khairuddin mengatakan, berdasarkan hasil pantauan pasar, diketahui harga beras mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan bisa mencapai Rp 16 ribu per Kg.

“Sehingga ibu wabup meminta kita bertemu melakukan GPM. Untuk menyetabilkan harga yakni 10.400 per kg yang kalau di pasaran 16 ribu. Diharapkan dengan adanya ini, tidak ada kepanikan di masyarakat,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...