Mudahkan Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan, Satlantas Polres Sumbawa Sosialisasikan Aplikasi SIGNAL

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – SIGNAL adalah samsat digital nasional, sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara aman dan mudah.

Aplikasi SIGNAL merupakan pelayanan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Secara digital aplikasi ini memanfaatkan pangkalan data (database), kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki Polri, pangkalan data induk kependudukan yang ada pada Dirjen Dukcapil Kemendagri dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Baca juga:  Lapas Sumbawa Besar Budidaya Tanaman Hortikultura

Hal ini di integrasikan secara nasional sebagai sebuah sistem kecerdasan buatan (Artificial Inteligence atau AI) menggunakan aplikasi berjenis mobile platform untuk menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat secara digital sekaligus mengakomodir kepentingan berbagai pihak yang terkait (Bapenda, Jasa Raharja dan Bank Pembangunan Daerah) tanpa mengabaikan fungsi pengawasan regident kepemilikan kendaraan yang menjadi salah tugas utama Polri.

Sistem pada aplikasi Signal memungkinkan untuk dilakukannya verifikasi identitas pemilik ranmor dengan melakukan pencocokan wajah (face matching) pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan data KTP elektronik di Kemendagri.

Baca juga:  Tingkatkan Penegakan Hukum Keimigrasian, Imigrasi Sumbawa Bangun Sinergi dengan Kejati NTB

Menanggapi hal itu, Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Niko Herdianto S.T.K, S.IK yang ditemui wartawan di ruang kerjanya belum lama ini, mengatakan, bahwa pihaknya sedang melakukan sosialisasi.

“hampir tiap hari kami melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi SIGNAL dalam ragka menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat secara digital”, ucap AKP Niko.

Ditegaskan Kasat Lantas, pembayaran Samsat Melalui Aplikasi  SIGNAL SAMSAT untuk mempermudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, tandas perwira humanis ini. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Satpol PP Sumbawa Gelar Operasi Gabungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol...

Lapas Sumbawa Besar Budidaya Tanaman Hortikultura

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa...

Tingkatkan Penegakan Hukum Keimigrasian, Imigrasi Sumbawa Bangun Sinergi dengan Kejati NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka memperkuat sinergi dan meningkatkan...

Perkuat Sinergi, Imigrasi Sumbawa Jalin Kerjasama dengan Kejari, Polres dan Kodim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepala Kantor Imigrasi Sumbawa Besar,...