Dewan Pengupahan Kabupaten Sumbawa Segera Bahas UMK 2024

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Pengupahan Kabupatan Sumbawa segera membahas Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2024. Hal ini, menyusul telah ditetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) NTB tahun 2024 oleh gubernur pada tanggal 21 November 2023 kemarin.

“Dengan telah ditetapkan UMP NTB oleh Gubenur pada tanggal 21 November 2023, sesuai dengan amanat PP 51 perubahan atas PP 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, bahwa setelah penetapan oleh provinsi maka kabupaten kota harus segera mengusulkan UMK kepada gubernur,” kata Kepala Disnakertrans Sumbawa, Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos., M.AP., Rabu (22/11//2023) siang.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Dikatakan, dalam waktu dekat Dewan Pengupahan Kabupaten Sumbawa akan menggelar rapat membahas usulan tersebut. Sebab, sesuai regulasinya, tanggal 30 November 2023 mendatang merupakan batas pengumuman UMK seluruh Indonesia.

“Artinya minggu depan Dewan Pengupahan Kabupaten Sumbawa akan melakukan rapat untuk penetapan usulan kepada gubernur untuk ditetapkan menjadi UMK 2024,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam pasal 31 b PP 51 tersebut dikatakan bahwa formula penghitungan upah berdasarkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan yang memuat variabel varitas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja dan median upah yang dikeluarkan oleh BPS. “Ini menjadi landasan kita,” tukasnya.

Baca juga:  Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Menurutnya, UMK Kabupaten Sumbawa Tahun 2024 dipastikan akan meningkat dibandingkan tahun 2023 ini. Namun, untuk angka pastinya, masih akan dilakukan pembahasan di dalam rapat dewan pengupahan.

“Untuk UMK harus lebih tinggi dari UMP yang sekarang di angkat 2.444.067. Sehingga diyakini ada peningkatan kalau kita lihat komposisi itu. Sekarang Sumbawa di angka 2.389.000, artinya kalau dilakukan perselisihan dengan UMP ada peningkatan. Tinggal angkanya kita melihat perhitungannya nanti,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...