Bupati Harapkan Muskab XI PMI Sumbawa Lahirkan Gagasan Brilian dan Komitmen Wujudukan Misi Mulia

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Drs. Abdul Azis, M.Si., secara resmi membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) XI Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa, Jumat (15/09/2023) malam di Hotel Grand Samota, Sumbawa Besar.

Kegiatan dihadiri Wakil Sekretaris PMI NTB, Ketua dan Pengurus PMI Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Dandim, Kajari Sumbawa, Perwakilan Pengurus PMI 24 Kecamatan, serta Forum Relawan.

Dalam sambutannya, bupati menyebutkan bahwa, muskab ini bukan hanya sekedar ajang silaturahmi semata, melainkan sebuah wadah untuk merenung bersama-sama tentang bagaimana agar lebih baik dalam mengabdi kepada masyarakat dan menjalankan misi mulia Palang Merah Indonesia.

“Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kita semua pandemi global yang belum dan bencana alam yang terus-menerus menguji ketahanan kita, namun saya yakin semangat kemanusiaan yang membakar dalam diri kita semua akan menjadi pendorong utama untuk terus maju berinovasi dan mengatasi semua rintangan yang ada,” ujarnya.

Bupati mengajak agar bersama-sama berupaya meningkatkan peran penting PMI dalam mendukung masyarakat di berbagai sektor termasuk kesehatan, pendidikan penanggulangan bencana dan banyak lagi. “hal-hal yang harus kita hadapi Mari kita evaluasi capaian kita selama tahun lalu dan mari kita tetapkan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Kembali Selenggarakan MXGP

Lanjutnya bupati, berbicara tentang bagaimana dapat lebih proaktif dalam mendukung penanganan bencana terutama mengingatkan wilayah yang sering terkena dampak alam yang tidak terduga, perlu meningkatkan kesiagaan dan koordinasi dengan semua pihak terkait agar dapat merespon dengan cepat dan efisiensi saat bencana datang.

Selain itu juga, harus memanfaatkan teknologi yang meningkatkan efisiensi operasional meningkatkan transparansi dan penggalangan dukungan yang lebih banyak lagi dari masyarakat teknologi dapat menjadi sekutu yang kuat dalam menciptakan tujuan kemanusiaan hadirin sekalian.

Bupati berharap, agar Muskab ini akan menghasilkan gagasan-gagasan berlian dan komitmen yang lebih kuat untuk mewujudkan misi mulia.

“mari kita bekerja sama bersama-sama untuk mewujudkan dunia yang lebih baik lebih adil dan lebih berkedamaian semoga musyawarah ini sukses dan semoga PMI terus menjadi pelindung penyokong dan pengertian bagi masyarakat,” tandasnya.

Ketua Panitia Muskab, Drs. Kharuddin, HM, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Muskab XI PMI Kabupaten Sumbawa Tahun 2023 mengangkat tema “Terus Melangkah Untuk Kemanusian dan Sumbawa Berkemajuan”.

Muskab diikuti oleh peserta dari 24 kecamatan dengan masing-masing 2 orang tediri dari 1 orang peserta utama yang memiliki hak suara, dan 1 orang peninjaun. Kemudian, urusan Forum Relawan, PMI Sumbawa dan Provinsi NTB masing-masing 1 orang.

Baca juga:  Damkartan Sumbawa Bekali Personil dengan Pelatihan Pemadam I

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi Mukhtar mengatakan, PMI merupakan organisasi semi pemerintah sehingga pemerintah mempunyai kewajiban memberi dukungan. Dimana, PMI bekerja membantu pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat pada berbagai kegiatan sosial, baik bendacan alam, maupun non alam.

“Terima kasih kepada Pemda Sumbawa atas dukungan selama ini. Selama ini kami sangat terbantu,” ujarnya.

Menurutnya, PMI memerlukan kepengurusan yang muda dan energik. Sebab, PMI harus bergerak cepat, dan berada di garda terdepan dalam memberi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat.

“Kepengurusan kami sudah belasan tahun di PMI, oleh karena itu saya ingin memberikan kesempatan kepada yang lain, lebih mudah dan energik. Sehingga diharapkan kepada pengurus baru harus bisa melaksanakan visi misi organisasi dengan baik,” tukasnya.

Wakil Sekretaris PMI NTB, Alilurrahman, S.H., M.H menyampaikan, selain pemilihan kepegurusan, tugas mendatang adalah menyusun program kerja 5 tahun ke depan. Penyusunanya tentu mengacu pada evaluasi tahun sebelumnya, mana yang sudah berjalan dengan baik, dan mana yang belum berjalan dengan baik.

“Oleh sebab itu, program-program ke depan ini harus bebar-benar dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kondisi jalan Osapsio, Kecamatan Sumbawa,...

Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persiapan pelaksanaan MXGP Sumbawa -...