Tim PKM FKIP UNSA Latih Guru Kembangkan Asesmen Pembelajaran Berbantuan TIK

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dosen-Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) bekerjasama dengan Pasraman Widya Dharma Sumbawa menggelar kegiatan pelatihan “Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran” pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023. Peserta pelatihan ini adalah guru-guru agama Hindu dan guru TK/PAUD dari pasraman ini.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dimenangkan oleh tim dari Dosen FKIP UNSA dalam Hibah Kemdikbud Ristek tahun 2023 yang berjudul “Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, dan Sumatif Berbantuan TIK Untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa”. Tim tersebut beranggotakan Ibu Fatmawati, M.Pd, Pak Drs. I Made Sentaya, dan pak Fahmi Yahya, M.Pd.

Bertindak sebagai opening speech dalam acara, Ketua Tim PKM, Fatmawati, M.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan, tentang tantangan pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang diterapkan pemerintah. Guru dituntut untuk bisa melakukan tiga jenis asesmen pembelajaran dengan baik yaitu diagnostik, formatif dan sumatif. Beliau juga mengatakan bahwa guru harus kreatif dan inovatif agar siswa memiliki motivasi untuk belajar yang tinggi dan mendapat hasil belajar yang baik.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Dalam acara tersebut, TIM PKM FKIP UNSA juga memberikan bantuan alat penunjang pembelajaran berbantuan TIK kepada pihak Pasraman Widya Dharma yaitu Berupa Smart TV dan bracketnya. Penyerahan secara simbolik dilakukan oleh Tim PKM FKIP UNSA kepada pihak Yayasan Dharma Sentana yang menaungi pasraman ini.

Selanjutnya dalam Sambutan ketua Yayasan Dharma Sentana Bapak Dr. I Gusti Made Sulindra, M.Pd, juga turut menyampaikan penghargaan dan rasa terimakasih atas perhatian yang sangat besar dari Dosen-dosen FKIP UNSA kepada Pasraman Widya Dharma dan Umat Hindu Sumbawa.

Baca juga:  FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Narasumber utama dalam kegiatan pelatihan ini adalah Dosen-dosen berbakat dari FKIP UNSA, yaitu, Erma Suryani, M.Pd Dekan FKIP UNSA, menyampaikan materi tentang Asesmen Pembelajaran sesuai kurikulum Merdeka. Fahmi Yahya, M.Pd, menyampaikan materi tentang pengembangan asesmen menggunakan dengan platform QUIZIZZ dan WORDWALL. Satri Asriyanti, M.Hum, menyampaikan materi tentang pemanfaatan Google Form dalam pembelajaran.

Secara umum, Acara ini berjalan dengan lancar. Para peserta Guru-guru ini dapat mengikuti materi dengan baik. Selain karena penyampaian materi yang baik oleh Narasumber. Adanya mahasiswa yang bertugas mendampingi mereka selama pelatihan juga sangat membantu mereka memahami materi. Pada akhirnya, semua peserta mengucapkan terimakasih dan berharap kegiatan serupa tetap akan sering dilakukan di masa mendatang. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...

Job Fair & Talk Show Dies Natalis UNSA ke-25, HMPS PENKO FKIP Pertemukan Pencari Kerja dengan Perusahaan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebagai rangkaian kegiatan perayaan Dies...