Gurih dan Renyah! Rengginang Buatan Ibu Siti Aisyah Desa Baru Tahan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gurih dan renyah. Itulah pertama kali terasa pada gigit pertama saat memakan Rengginang buatan ibu Siti Aisyah warga Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa.

Siti Aisyah (42) merupakan ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, bersama suamianya Suryadi (42) dan 2 orang anaknya.

Usaha membuat Rengginang ini, ia mulai tiga tahun lalu dengan modal yang minim dan peralatan seadanya. Usaha ini ia geluti lantaran tidak memiliki pekerjaan tetap. Ditambah lagi, suaminya yang kini tidak bisa bekerja karena kondisi tangannya yang patah.

“Sebelum usaha Rengginang, tidak ada perkejaan tetap, kalau musim panen, saya ke sawah, setelah itu tidak ada kegiatan. Kasihan anak-anak sekolah tidak ada uang jajan. Jadi saya coba ini. Suaminya juga tidak bisa bekerja semenjak tangganya patah,” kata Siti Aisyah.

Atas kegigihannya itu, Rengginang buatannya sudah cukup dikenal banyak orang. Penjualnnya pun sampai keluar daerah, mulai dari Empang, Pelampang, hingga Kabupaten Sumbawa Barat. Bahkan, sempat dikirim ke luar negeri, namun tidak dilanjutkan lagi lantaran akses pengiriman yang cukup sulit. Kini penjualan focus melalui mulut ke mulut dan media social, khsusunya facebook.

Meski laba yang dihasilkan bergantung pada penjualan, usahanya ini cukup memberikan penghasilan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga serta membiayayi pendidikan anak-anaknya.

“Untungnya lumayan, tergantung penjualan. Tapi alhamdulillah cukup untuk penuhi kebutuhan sehari-hari, membiayai sekolah anak,” ujarnya.

Banyak kendala ia hadapi selama menggeluti usaha Rengginang ini, mulai dari minimnya peralatan, hingga kesulitan mendapatkan bahan bakar. Meski demikian, sebagai pejuang keluarga, ia tidak pernah patah semangat membesarkan usaha ini bersama suami dan anak-anaknya.

“Sudah 3 tahun berusaha ini, kendala selama berusaha, kekurangan alat, masih manual kita cetak dengan tutup toples. Kesulitan mendapatkan gas untuk bahan bakarnya. Tidak cocok pake kayu bakar karena apinya tidak stabil. Kita juga penjemurannya dibawah terik matahari, kalua mendung, jemurnya jadi lebih lama,” kisahnya.

Ke depan, Siti Aisyah bertekat akan terus membesarkan usahanya ini. Mulai dari pembuatan merek, hingga mengurus persyaratan administrasi yang diperlukan, seperti sertifikat halal, perizinan, dan sebagainya.

Nah, bagi pencinta Rengginang atau ingin merasakan renyah dan gurihnya Rengginang buatan Ibu Aisyah ini, bisa langsung datang ke rumahnya di Desa Baru Tahan, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, atau menghubungi nomor kontak di 085237312898.

Tidak perlu khawatir dengan harganya, Rengginang dengan dua varian Ketan Putih dan Hitam ini, dijual dengan harga Rp 500 per keping untuk yang masih mendatang. Bisa dikirim ke luar daerah menggunakan jasa pengiriman kesayangan anda. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Bulog Guyur 3 Ton Beras untuk GPM di Kecamatan Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa bersama...

Lapak Cemong Ecek Sediakan Sarapan GRATIS Setiap Hari Jumat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Semangat kepedulian sosial yang sangat...

Penerbangan Bandara Sumbawa Tetap Normal di Hari Pencoblosan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepala Bandara Sultan Kharuddin Sumbawa...

Pertamina Lakukan Penebalan Stok LPG Jelang Pemilu di Beberapa Wilayah NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Guna menambah rasa aman dan nyaman...