17.8 C
New York
Senin, September 25, 2023

Buy now

BPBD Sumbawa Salurkan Air Bersih untuk Korban Banjir Lunyuk

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Warga kesulitan air bersih pasca banjir bandang menerjang lima desa di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pasalnya, warga yang menggunakan sumur tidak bisa mendapatkan air terendam banjir dan jaringan listrik padam akibat terendam banjir bandang.

“Kami salurkan air bersih pagi ini menggunakan mobil BPBD di desa terdampak,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Rusdianto Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dikonfirmasi Sabtu (8/7/2023) kemarin.

Adapun desa di Kecamatan Lunyuk yang terdampak banjir bandang diantaranya Desa Emang Lestari, Desa Sukamaju, Desa Perung, Desa Jamu dan Desa Pada Suka.

Baca juga:  Dikes Sumbawa Usulkan Pengadaan 10 Unit Ambulan Desa

Warga terdampak banjir sekitar 330 KK di Dusun Kalbir dan 250 di Dusun Emang Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk. Paling parah terdampak banjir adalah Desa Emang Lestari.

“Ada satu rumah hanyut di Dusun Emang Desa Emang Lestari. Sampai saat ini warga tidak bisa masak karena dapur tergenang air.

Pupuk dan barang berharga warga terendam. “Kami berikan bantuan air minum dan makanan siap saji bagi warga terdampak,” ucap Rusdianto.

Baca juga:  Disnakeswan Sumbawa Tuntaskan Pengadaan Ternak Tahun 2023

Selanjutnya, di Desa Sukamaju ada 300 KK terdampak dan perlengkapan rumah tangga serta kebutuhan sehari-hari terendam. Sedangkan Jamu dan Perung warga terdampak sekitar 500 KK.

Ia menghimbau kepada warga untuk waspada, mengingat curah hujan di bagian selatan Sumbawa masih tinggi.

“Ada anomali cuaca sehingga hujan intensitas meningkat di wilayah Selatan Lunyuk. Sekarang ini juga kondisi cuaca buruk ombak cukup tinggi di wilayah pesisir Lunyuk. Saya himbau masyarakat waspada banjir bandang maupun banjir rob di pesisir,” pungkas Rusdianto. (KS)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,870PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini