Pelaku Usaha di Sumbawa Terima Sertifikat Halal

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Para palaku Usaha Kecil Menengah (UMK) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Sumbawa menerima sertifikat halal atas produknya masing-masing. Penyerahan dilakukan secara sembolis pada kegiatan Konsolidasi Sertifikasi Halal Kabupatan Sumbawa, Kamis (06/07/2023) siang di Lantai III Kantor Bupati.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI Hj. Siti Aminah, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Dinas KUKMINDAG Sumbawa Dr. Dedi Heriwibowo, BUMN, Swasta, Kepala OPD, serta para Pelaku UMK/IKM penerima sertifikat halal.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKMINDAG) Sumbawa Dr. Dedi Heriwibowo dalam laporannya menyampaikan, hingga saat ini, pihaknya melalui Pusat Halal Kabupaten Sumbawa sebagai Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) telah memfasilitasi 1.788 produk dari 765 pelaku usaha untuk mendapat sertifikat halal.

Sekarang ini lanjutnya, adanya LP3H yang dibentuk oleh Pemda Sumbawa dengan Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, fasilitas yang memadai, bisa membantu mempercepat pengurusan sertifikat halal bagi pelaku usaha.

“Itu semua bisa kita lakukan karena Ini merupakan salah satu Program Unggulan Pemerintahan Mo-Novi. Alhamdulillah atas kebijakan itulah kita mendapat dukungan,” ungkapnya.

Baca juga:  Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Oleh sebab itu, melalui adanya sertifikasi halal gratis ini, diharapkan dapat menjadi semangat bagi pelaku usaha untuk terus menjaga dan meningkatkan mutunya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah masuk dalam agenda Jaminan Produk Halal Nasional melalui Pusat Halal Kabupaten Sumbawa yang sudah menjadi LP3H di bawah BPJPH dan telah memberikan capaian yang cukup signifikan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

“Awalnya, pusat halal ini adalah inovasi pelayanan publik yang dikompetisikan di tingkat nasional dan telah meraih top-99 inovasi pelayanan publik dan meraih penghargaan Best Ihya award 2022. ALhamdulillah, inovasi ini memberikan manfaat bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saingnya yang pada gilirannya nanti akan meningkatkan kesejahteraan,” kata bupati.

Lanjut bupati, label halal bagi produk UMK/KM adalah salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam visi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban. “Visi inilah yang melandasi program dan kegiatan yang diinovasikan dengan baik oleh personel di Konas Koperindag Kabupaten Sumbawa untuk menghasilkan pelayanan yang efektif dan efisien,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa memiliki komitmen tinggi dalam penyelenggaraan jaminan produk halal, sehingga bersama BPJPH dan seluruh komponen masyarakat yang hadir saat ini, membuat optimis bahwa ekosistem industri halal akan segera terbentuk.

Baca juga:  Damkartan Sumbawa Bekali Personil dengan Pelatihan Pemadam I

“Mewujudkan ekosistem industri halal tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan harus mendapatkan dukungan dari seluruh pihak,” terangnya.

Melalui kesempatan ini, ia meminta partisipasi pihak Perbankan untuk memfasilitasi dan mendorong nasabahnya baik usaha mikro, kecil maupun menengah untuk melakukan pengurusan sertifikat halal. Begitu juga dengan pihak BUMN dan Swasta yang ada di Kabupaten Sumbawa. Sehingga, tiap orang yang ada dan datang ke Kabupaten Sumbawa, mudah menemukan produk halal yang dibuktikan dengan sertifikat halal bagi produknya.

“Dalam konteks ini, pemerintah daerah akan terus berupaya menyediakan fasilitas dan dukungan yang memadai bagi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. kami juga akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia terkait agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional,” tukasnya.

Kemudian ia juga berharap, kegiatan koordinasi dan konsolidasi sertifikasi halal ini dapat menghasilkan langkah-langkah strategis dan rekomendasi konkret untuk peningkatan kualitas sertifikasi halal di Kabupaten Sumbawa.
“Mari kita jadikan momentum ini sebagai awal yang baik untuk mewujudkan sistem sertifikasi halal yang lebih baik, transparan, dan dapat diandalkan,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

Tingkatkan Kapasitas, 32 Orang Petugas Keswan Akan Dikirim ke BBIB Singosari

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Tangani Jalan Osapsio

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kondisi jalan Osapsio, Kecamatan Sumbawa,...

Promosikan MXGP 2024, Baim Wong Akan Datang ke Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Persiapan pelaksanaan MXGP Sumbawa -...