Wabup Sambangi Korban Banjir Empang

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com –  Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M.Pd., Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa serta beberapa Kepala Perangkat Daerah melakukan tinjauan langsung ke beberapa titik yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang dan Tarano, Minggu 26 Februari 2023.

Banjir yang disebabkan hujan lebat dengan intensitas tinggi pada Sabtu kemarin telah menyebabkan Sungai Lagenti meluap dan menerjang pemukiman warga.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun banjir tersebut telah menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Empang dan Tarano terendam. Banjir juga mengakibatkan puluhan hektar sawah milik warga rusak dan akses jalan terputus.

Baca juga:  Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Adapun desa yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang yaitu Desa Empang Atas, Empang Bawah, Bunga Eja, Ongko, Pamanto, Jotang, Jotang Beru, dan Desa Gapit.

Selain itu, terdapat 3 desa di Kecamatan tarano yang juga ikut terdampak banjir, yaitu Desa Labuhan Bontong, Bantu Lanteh, dan Desa Banda. Wakil Bupati Sumbawa di sela-sela kunjungannya mengatakan meluapnya Sungai Lagenti akibat tingginya sedimentasi di sungai tersebut.

Namun, Wabup menyebutkan rusaknya vegetasi hutan di Kecamatan Empang dan Tarano menjadi penyebab utama banjir bandang yang hampir selalu terjadi setiap tahunnya. Untuk itu, Wabup meminta seluruh masyarakat untuk gencar melakukan reboisasi hutan yang sudah dieksploitasi untuk kegiatan pertanian.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

“Reboisasi harus mulai gencar dilakukan, kalau tidak, maka kita akan terus menerus dihantui banjir seperti ini setiap tahun. Merawat dan menjaga hutan adalah tugas kita bersama” ungkap Wabup. Pada kesempatan tersebut, Wabup menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang dan Tarano. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Ditjen Imigrasi Gelar Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar Dengar...

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...