PT Sabalong Samawa Jadikan Saliper Ate “Iconic” Industri Pariwisata Sumbawa

PT Sabalong Samawa Jadikan Saliper Ate "Iconic" Industri Pariwisata Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – PT. Sabalong menjadikan Objek wisata Pantai Saliper Ate sebagai “Iconic” Insdustri Pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Ini ditandai dengan penluncuran secara resmi dilaksanakan sekaligus memeriahkan HUT ke 64 Kabupaten Sumbawa di Pantai Saliper Ate, Sabtu (20/01/2023) kemarin. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dikoperindag Dr. Dedy Heriwibo, Kadis Pariwisata Irwan Subekti.

Peluncuran dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti, mewarnai untuk paud,Tk, mengambar tingkat sd, karaoke tingkat smp, sma smk sederajat, lomba masakan sumbawa tingkat pkk pentas seni dan pemeriksaan kesehatan grati serta pameran ecobrik.

Dr. Syafruddin Ismail, MM direktur pt. Sabalong samawa (perseroda) dalam sambutannya menyampaikan melalui momentum hari ini saliperate nantinya diharapkan bisa menjadi ikon industri pariwisata di Kabupaten Sumbawa sebagai simpul karena secara umum belum ada pariwisata Sumbawa di lihat ada format sebagai industri masih hanya bersifat kebanggaan kunjungan rapi secara ekonomi belum dapat diukur,

Sehingga pariwisata Sumbawa khususnya saliper ate bisa menjadi simpul untuk mendorong yang lain lain menjadi industri pariwisata.
“Ini tidak lepas dari peran pemerintah, dr. Dedi, sebagai kabg ekon pak subakti sebagai kadis pariwisata, yang memalukan program-program dan mendorong saliperate sebagai icon industri pariwisata,” ungkapnya.

Baca juga:  KPU Sumbawa Sosialisasikan Aturan Kampanye Pilkada NTB tahun 2018

Kedepan penataan saliper ate ini akan k ditata sebagaimana dinasti wisata yg lain yg mengutamakan kenyamanan dan ke amanan. “Untuk itu mari bersama samamenjaga objek wisata ini sesuai dengan perda perubahan perusda menjadi perseroda Sabalobg samawa dan perbuatan 47 tahun 2022 tentang penyerahan pengelolaan saliperate dan samongkat ke pt. Sabalong samawa (pedseroda). Ini momentum yang harus kita sambut untuk menjadikan sebagai sumber pad dan menjadikan ini sebagai sumber tau bagian menciptakan lapangan kerja,” jelasnya.

Ia menyamlaikan Ucapan terimakasih Bupati dan wakil bupati, para kepala dinas, pkk, kepala sekolah siswa siswi peserta gehiatan, khususnya kepala sekolah dan jajaran sera siswa sdn ai puntuk atas penampilan dan sumbangan karya ecobrik. Selain. Itu juga ucapan terimakasih kepada rektor unsa bersama dengan ukm seni unsa yg telah mengisi kegiatan pentas seni pada acara ini. Dan tidak lupa juga ucapan selamat kepada para pemenang lomba dimana Kegiatan sehari ful yang laksanakan dibsaliper ate ini dengan berbagai macam kegiatan antara lain seperti lomba.

Baca juga:  Ketua DPRD Bantu Pembangunan Markas Permanen Tagana Sumbawa

Kemudian, bupati Sumbawa dalam sambutan yang di wakilih Kadis Pariwisata Drs. Irawan Subakti menyampaikan sangat bangga dan bersyukur di momentum peringatan Hut ke 64 kabupaten Sumbawa objek wisata saliperate kita louching sebagai ikon industri pariwisata Sumbawa.

“Semoga melalui lonching ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan daya saing kepariwisataan di daerah kita,” harapnya.

Selain itu harapan bupati Sumbawa potensi PAD dari sektor pariwisata akan mampu meningkat dengan cukup besar, bila sektor ini si kelola dengan sangat baik.Karena hal tersebut terkait dengan tingkat hunian hotel dan pendapatan restoran. Belum lagi dari sektor umkm dan jasa lain secara keseluruhan.

Namun persoalan sekarang pariwisata di Kabupaten Sumbawa tidak hanya sekedar membutuhkan pengakuan atau seremonial semata. Yang lebih dibutuhkan adalah kerjasama semua pihak untuk terus mengembangkan tujuan wisata di Kabupaten Sumbawa dan juga pembangunan budaya agar lebih dapat menarik wisatawan sebagaimana dilakukan bali dan lombok. (KS)