HUT ke 64 Kabupaten Sumbawa, Bupati Sampaikan Capaian Pemerintahannya

Apel HUT ke 64 Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdulla menyampaikan sejumlah capaian pemerintahannya bersama Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa.

Ini disampaikan bupati saat menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 64 Kabupaten Sumbawa, Minggu (22/01/2023) pagi di Halaman Kantor Bupati.

Bupati mengungkap,  dalam hal manajemen ASN, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan kategori baik.

Selanjutnya dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan Halal Center Kabupaten Sumbawa.

Kemudian, yang telah berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat nasional, antara lain, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022. Best Halal Program Support pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022. Best Halal Innovation pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022.

Baca juga:  RSUD Turun Kelas, Pemda Sumbawa Ajukan Sanggahan

Kemudian berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa telah dinyatakan tuntas pilar 2,3,4, dan 5 STBM dengan predikat baik. Pencapaian ini berhasil mengantarkan Kabupaten Sumbawa menerima STBM Award dari Menteri Kesehatan.

Dalam ikhtiar percepatan penurunan stunting, lanjut Bupati, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih penghargaan terbaik 1 tingkat Provinsi NTB. Kabupaten Sumbawa juga berhasil mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama tahun 2022.

Dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Selanjutnya pada awal tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI. UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga memiliki akses kesehatan yang adil dan bermutu, serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan, dengan hanya membawa KTP atau Kartu Keluarga.

Baca juga:  Rusak Tergerus Air Bah, Bupati Tinjau Langsung Embung Lamunga

Disebutkan Bupati, berbagai program strategis lainnya juga bergerak simultan sesuai Visi-Misi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”. 10 Program Unggulan Daerah juga sudah mulai terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini.

Selain memacu program unggulan di berbagai sektor, di tahun 2023 ini, lanjut Bupati, agenda-agenda pembangunan dan investasi berskala besar juga tengah diikhtiarkan. Groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong telah dilaksanakan. Begitu juga mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru di kawasan Samota terus diupayakan dengan menghadirkan event internasional MXGP Samota 2022 dan MXGP Samota 2023. (KS/aly)