Dana Desa Kabupaten Sumbawa Tahun 2023 Alami Kenaikan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Total Dana Desa (DD) Kabupaten Sumbawa Tahun 2023 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui Fungsional Analis Kebijakan Ibrahim SE, MAk., kepada wartawan, Kamis (12/01/2023) kemarin.

Disebutkan, secara keseluruhan pagu dana desa Kabupaten Sumbawa tahun 2023 sebesar 148 M. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni 143 M.

Meski mengalami kenaikan secara pagu kabupaten ujarnya, namun tidak memambah total pagu masing-masing desa. Dikarenakan, ada desa yang justru mengalami penurunan pagu hingga diangka Rp. 100 juta. Ada juga desa yang mengalami kenaikan kerena ada tambahan alokasi kinerja.

“Memang ada kenaikan secara pagu kabupaten, tapi tidak menambah total pagu masing-masing desa. Karena ada desa yang justru menurun pagunya, ada juga yang naik karena tambahan alokasi kinerja. Ada 24 desa yang mendapatkan alokasi kinerja karena kinerja baik penggunaan dana desa,” jelasnya.

Baca juga:  Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Saat ini ungkapnya, beberapa desa telah mengajukan dokumen APBDes sebagai syarat pengajuan pencairan dana desa tahap pertama sebesar 40 persen.

“Kemarin sudah ada 9 desa yang sudah menyampaikan dokumen APBDes 2023. Mungkin kami akan mengajukan proses pencairan dana desa tahap pertama. Syaratnya masih sama dengan tahun kemarin yakni PMK 201 itu Perdes APBDes yang kami sampaikan ke BPKAD sebagai user yang mengajukan pengusulan dana desa tahap satu,” terangnya.

Ia berharap, proses pengusulan pencarian dana desa bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Sebab, akan ada reward berupa penambahan dana desa dari Kementerian Keuangan terkait progres perbaikan penyaluran dana desa.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

“Kami harap proses pengusulan lebih baik dari tahun kemarin. Tahun kemarin di tanggal 11 Februari, untuk tahun ini berharap agak maju bisa bulan Januari sudah mengusulkan. Nanti ada reward dari kementerian keuangan terkait progres perbaikan penyaluran dana desa. Itu yang kita kejar agar memperoleh reward tambahan dana desa 2023,” tukasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada desa agar mempercepat proses perancangan APBDes, sehingga bisa segera diusulkan pencairan dana desa tahap pertama.

“Tahun ini sudah lumayan perbaikan di desa, sudah mulai lebih awal mereka menetapkan Perdes. Kita harapkan proses APBDes bisa segera tuntas dan bisa segera kita usulkan pencairan dana desa tahap pertama,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...