Rektor UNSA dan Bupati Sumbawa Teken MoU GNRM

Rektor UNSA dan Bupati Sumbawa Teken MoU GNRM
Penandatanganan MoU antara Rektor UNSA dan Bupati Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Guna meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan pemerintah Kabupaten Sumbawa, terhadap kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), Rektor Universitas Samawa (UNSA) Prof.Dr.Syaifuddin Iskandar, M.Pd dan Bupati Sumbawa Drs. H.Mahmud Abdullah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan pada, Sabtu (03/09/2022) lalu bersamaan dengan penutupan acara PPKMB (maba D3,S1, dan S2) TA 2022.

Dengan adanya MoU ini, maka Unsa dan Pemkab Sumbawa berkomitmen untuk mendayagunakan semua potensi yang dimiliki demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Prof.Dr.Syaifuddin Iskandar, M.Pd, menjelaskan bahwa Universitas Samawa (UNSA) mengambil peran pada program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diselenggarakan oleh Forum Rektor Indonesia (FRI) bekerjasama dengan Kemenko PMK.

“dengan adanya MoU, akan menguatkan kerjasama kedua belah pihak, terutama upaya perguruan tinggi dalam membantu pemerintah khususnya dalam kegiatan penghijauan, dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sumbawa. Tahun ini, PKKMB Unsa yang terdiri dari maba D3,S1 dan S2 bersama-sama melakukan serangkaian aksi kegiatan sosial, sebagai wujud dari perhatian kampus terhadap lingkungan dan masyarakat Tana Samawa,” jelas rektor.

Baca juga:  Infrastruktur Klaster Usaha Ternak Desa Batu Tering Diresmikan

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah meminta agar para mahasiswa ini benar-benar serius dalam menuntut ilmu sehingga kedepan dapat menjadi lulus terbaik dan tepat waktu.

Bupati berharap agar lulusan UNSA nantinya dapat turun ke masyarakat menerapkan ilmu yang telah didapat semasa kuliah. Ia juga mengajak semua pihak untuk membangun UNSA lebih maju.

β€œItu kegiatan yang sesungguhnya kita terjun di masyarakat, kalo di kampus tempat hal yang biasa bagaimana kita mendapatkan ilmu, aslinya atau nyatanya ya di tengah masyarakat,” ungkap bupati.

Sebelumnya Dr.Ieke Wulan Ayu, STP.,M.Si Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) sekaligus ketua kegiatan GNRM 2022 menerangkan, kegiatan GNRM tahun ini di wujudkan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

Baca juga:  STKIP NW Sumbawa Bersama INOVASI Adakan Workshop Penggunaan Bahasa Ibu

Tahun 2022 ini kata dia, Unsa mengambil tema penguatan GNRM pada mahasiswa baru D3, S1 dan S2 Universitas Samawa, dengan mengusung beberapa aksi kegiatan yaitu aksi penghijauan melalui tanam pohon, aksi gotong royong bersih kampus, sungai, taman kota.

Kemudian, aksi donor darah, aksi vaksin,pemberian tablet bagi mahasiswa baru, lomba bagesa,lomba pidato, dan lomba tarik tambang, aksi bazar, bakti sosial ke panti asuhan, sedekah air ke daerah kekeringan, dengan harapan kegiatan-kegiatan tersebut akan mengubah cara pandang, cara pikir. Sikap, perilaku, dan cara kerja yang mengacu pada nilai-nilai luhur Pancasila pada mahasiswa baru Unsa.

“kegiatan GNRM merupakan kegiatan kedua kalinya UNSA menangkan,” pungkasnya. (KS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.