Sumbawa Kembali Lakukan Pengadaan Ternak Tahun Ini

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswa) kembali melakukan pengadaan ternak tahun 2022 ini. Saat ini, masih dalam proses penyiapan dokumen lelang.

“Jadi sekarang ini dalam proses penyususan dokumen tender. Ada tiga kegiatan yang ditender yakni Sapi Bali 100 cm, Kambing, dan Ayam Kampung. Dalam waktu dekat saya dan PPK akan datang ke Inspektorat untuk meminta agar dokumennya direview kemudian baru berlanjut ke ULP untuk tender,” ungkap Kepala Dinaskeswan, Junaidi, S.Pt., kepada wartawan, Selasa (08/03/2022) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, pengadaan ternak ini bersumber dari anggaran Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbawa dan Rencana Kerja (Renja) dinas. Adapun total pengadaan yakni, 1.084 ekor Sapi Bali ukuran 100 CM dengan rincian 929 ekor pengadaan melalui tender, sementara sisanya penunjukan. Kemudian, 415 ekor Kambing dan 1.780 ekor Ayam Kampung. Keduanya juga melalui proses tender.

Baca juga:  34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

“Uangnya untuk pengadaan Sapi sebesar 6,2 M, Kambing 830 juta, ayam 267 juta. Sumbernya Pokir dan Renja, tapi pokir lebih besar,” jelasnya.

Ditergetkan, tender mulai diumumkan April mendatang. Jika tender berjalan selama 1 bulan, maka pada awal Mei sudah diumumkan pemenangnya, selanjutnya penandatangananan SPBJ pada 15 Mei dan tanggal 20 Mei sudah berkontrak.

Baca juga:  Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

“saya pasang target paling tidak awal April sudah bisa diumumkan. Kalau tendernya 1 bulan, maka awal Mei sudah ada pemenang, tanggal 15 sudah SPBJ maka kontraknya tanggal 20 Mei dengan masa kerja 150 hari, Oktober sudah tuntas,” teranganya.

Terhadap pemenang tender nantinya lanjutnya Kadis, diharapkan betul-betul mempunyai keahlian dalam pengadaan ternak. Tidak kalah penting sambungnya, memiliki modal yang cukup, memingat tidak ada pencairan uang muka.

“Siapapun pemenangnya nanti diharapkan orang yang betul-betul punya keahlian dalam pengadaan ternak, kemudian memiliki modal yang cukup karena kami tidak memberikan uang muka,” pungkasnya. (KS/aly*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...