Bupati Sumbawa Serahkan KIA Kepada Siswa SD

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdillah didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jayakusuma, S.Sos., menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) kepada 10 orang siswa SD Negeri 6 Sumbawa Besar, Jumat (14/01/2022) pagi.

Penyerahan KIA secara simbolis tersebut dilaksanakan bersamaan dengan peluncuran vaksinasi covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di SD setempat.

“Hari ini pak Bupati menyerahkan secara simbolis KIA kepada siswa SD Negeri 6 Sumbawa,” kata Kepala Disdukcapil Sumbawa, Jayakusuma, S.Sos., kepada wartawan usai mendampangi Bupati.

Ia menyebutkan, sasaran penerbitan KIA di Kabupaten Sumbawa, sebanyak 135.076 orang. Untuk memenuhi target tersebut, salah salah satunya mendatangi sekolah-sekolah.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

‘’Kami sudah berkoordinasi dengan Kadis Dikbud dalam rangka mensukseskan KIA untuk anak Sekolah Dasar. Sehingga kedepannya, semua anak-anak dibawah 17 tahun itu sudah mendapat identitas kependudukannya,’’ tuturnya.

Lebih jauh dijelaskan, pada tahun 2021 pihaknya telah mencetak sekitar 32 ribu KIA. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun 2020 yang hanya bisa mencetak sekitar 10 ribu KIA. Pihaknya akan terus mengejar pemenuhan target tersebut di tahun 2022.

‘’Sesuai dengan target nasional 30 persen. Karena memang sampai akhir desember 2021, kami baru bisa mencapai 23 persen dari target 135.076 orang itu,’’ terangnya.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Menurutnya, pembuatan KIA sangatlah mudah. Adapun yang perlu disiapkan untuk bisa memperoleh KIA yakni, pas foto berwarna ukuran 3×4 untuk anak 5 tahun keatas, foto copy KK, dan foto copy akta kelahiran. Bagi sekolah, ini bisa dilakukan secara kolektif, pihaknya pun bisa langsung mencetak di kantor dengan kolektif pula.

‘’Kami juga akan mengoptimalisasikan semua gerakan ini, karena terkadang gangguan teknis dan lainnya itu yang selalu kami hadapi. Kedepan ini akan bisa kami atasi,’’ pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Ditjen Imigrasi Gelar Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar Dengar...

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...