Hujan Belum Merata, Masyarakat Diminta Pantau Info BMKG

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa dan sekitarnya mulai memasuki musim penghujan. Meski hujan belum merata di semua wilahyah, masyarakat diminta untuk tetap memantau perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Samriyato Kepala BMKG Sumbawa menyampaikan, beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa mulai memasuki musim penghujan. Pergerakan hujan dimulai dari wilayah barat, kemudian ke timur.

“Ada beberapa tempat sudah masuk musim hujan, untuk musim hujan di Sumbawa bergeser dari arah barat ke timur, namun belum merata. Bagian timur belum, kalau untuk bagian tengah ke barat sudah banyak hujan,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (16/11/2021) di Sumbawa.

Meski hujan belum merata di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sam, menjelaskan, perlu diwaspadai sejumlah kemungkinan yang dapat terjadi. Seperti curah hujan tinggi hingga beberapa dasarian dengan status waspada, siaga, hingga awas.

“ketika terjadi hujan, apa saja yang akan terjadi, mungkin kalau status waspada ada beberapa tempat terjadi genangan air, mobilitas masyarakat agak terganggu,” ungkapnya.

Terkait kondisi cuaca tambahnya, pihaknya secara rutin menyampain informasi prakiraan kepada masyarakat. Baik melalui media sosial Info BMKG Sumbawa (Facebook, Intagram, Telegram, dan Whatsapp Grup). Informasi disampaikan sehari sebelumnya.

“Kita tetap sampaikan kalau ada peluang terjadi. Paling tidak sehari sebelumnya sudah kita rilis. Untuk mitigasi sendiri, kita mohon kepada masyarakat untuk tetap memantau informasi dari BMKG. Disitu lengkap kita sampaikan prakiraan cuaca harian, cuaca ekstrim, hingga dampaknya, termasuk cuaca di pelabuhan penyebrangan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

PDIP Targetkan Ganjar-Mahfud Menang 51 Persen di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - PDIP resmi mengusung pasangan Ganjar...

Toko Serba Rp 35.000 di Sumbawa Terbakar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Toko Pakaian serba 35 ribu...

Tahun Ini, Dikbud Sumbawa Bakal Negerikan 15 TK Swasta

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hingga har ini, Kabupaten Sumbawa...

Mendag Zulhas Belanja di Pasar Seketeng Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Menteri Pedagangan (Mendag) Zulkifli Hasan...