Ribuan Personil Polres Sumbawa Disiapkan Amankan Pilkada 2020

Date:

Sumbawa Besar, KabarSumbawa.com – Polres Sumbawa, menyiapkan ribuan personilnya untuk pengamanan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkda) Sumbawa Tahun 2020.

Hal ini disampaikan Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK., kepada wartawan usai pelaksanaan apel gelar pasukan di halaman, Selasa (22/09/2020) pagi.

kapolres sumbawa
Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK.,

Lanjut Kapolres, personel yang paling banyak diturunkan yakni saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, hingga nanti sudah ada penetapan pemenang. Dimana dalam tahapan penting tersebut, ada sekitar 1000 lebih anggota Polisi yang diterjunkan ke lapangan.

“Yang jelas setiap harinya ada sekitar 175 orang yang patroli dan lainnya, baik yang berjaga di KPU, berjaga di Bawaslu dan semuanya. Total anggota yang disiapkan sekitar 1.100 orang. Ada backup juga dari Polda, Brimob, TNI dan anggota kita sendiri,’’ tutur Kapolres.

Baca juga:  MOFIQ : Jawaban dari Suasana Kebatinan

Sejauh ini, pihaknya sudah menyiapkan pasukan untuk memberikan himbauan-himbauan dan tindakan-tindakan, terhadap hal apa saja yang tidak diperbolehkan oleh aturan KPU. ‘’Jadi kita laksanakan ini (Apel Gelar Pasukan) sekaligus mengecek kesiapan dan memberikan gambaran ke masyarakat bahwa kita siap untuk mengawal Pilkada.

‘’Kalau saat ini konsentrasi pengamanannya lebih kepada patroli. Kalau besok pengundian nomor urut, berarti personel pada tempat-tempat pengundian nomor urut, itu yang kita lakukan pengamanan. Yang jelas, apa yang diatur oleh KPU yang ikut berapa orang, secara jumlah itu sekitar 25 orang yang diundang, massa yang lain tidak diperbolehkan ikut,’’ tandasnya.

Baca juga:  Bertemu Nasdem, PAN Sumbawa Jajaki Pasangan Jarot - Fachry

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk dapat mensukseskan Pilkada 9 Desember 2020 hingga tuntas seluruhnya, dengan menjaga kondusifitas keamanan. Kemudian masyarakat juga diharapkan untuk tetap mentaati protokol covid-29, dengan menghindari kerumunan, menggunakan masker, jaga jarak serta lainnya.

‘’Kerawanan sebenarnya bukan hanya pada tahapan (Pilkada), tapi juga yang paling utama sebenarnya covid. Karena pandemi ini masih belum berakhir. Jangan sampai Pilkada selesai, pemimpin diperoleh, tapi kemudian kita sakit,’’ pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bertemu Nasdem, PAN Sumbawa Jajaki Pasangan Jarot – Fachry

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD PAN Kabupaten Sumbawa menggelar...

MOFIQ : Jawaban dari Suasana Kebatinan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Silaturahmi dan buka bersama, DPD...

Analis Politik Yakin Zul-Rohmi Tak Pecah Kongsi di Pilgub NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6...

MOFIQ Dinilai Bakal Jadi Paket Komplet untuk Kabupaten Sumbawa 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6...