Atraksi Denjaka TNI-AL Semarakkan Pembukaan Sail Indonesia Moyo-Tambora

Date:

Kabarsumbawa.com – Pembukaan Sail Indonesia Moyo-Tambora dilakukan di Pelabuhan Badas dilaksanakan Minggu (09/09), dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan mewakili Presiden RI, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur NTB, TGB. Muhammad Zainul Majdi dan Bupati Sumbawa, Husni Djibril, serta pejabat nasional dan darah lainnya. Pada acara pembukaan tersebut, undangan disugukan berbagai atraksi termasuk atraksi terjun payung dari pasukan elit TNI-AL RI, Datasemen Jala Mangkara (Denjaka).

Gubernur Provinsi NTB, TGB Muhammad Zainul Majdi, menyampaikan selamat datang di “Tana Intan-Bulaeng”, sebutan daerah Sumbawa. “Kita ketahui tanah di Pulau Sumbawa ini penuh dengan kekayaan emas dan mineral yang sangat berharga. Sumbawa Intan Bulaeng ini selain memiliki kekayaan emas dan sumber daya mineral yang luar biasa, kita saksikan di sekitar kita bahwa daerah ini sesungguhnya dikaruniyakan oleh Allah SWT juga keindahan alam yang sangat eksotik. Di belakang saya ada Tanjung Menangis, dan juga ada Pulau Moyo,” katanya.

Dijelaskan, Sail Moyo-Tambora 2018, bagian dari ikhtiar pemerintah dan masyarakat NTB untuk mensukseskan Wonderful Indonesia, yang diikhtiarkan oleh Menteri Pariwiata di bawah arahan Presiden. Sail Moyo-Tambora diharapkan menjadi momentum membangun pariwisata Pulau Sumbawa dan melengkapi potensi Pulau Lombok.

“Kalau orang ingin wisata khusus, disitu ada petualangan, eksotisme, ada hal yang istimewa yang spesifik maka Pulau Sumbawa ini adalah surganya. Ada tempat surfing yang luar biasa indah di daerah Dompu, yaitu Hu’u dan Lekei. Kemudian Pulau Moyo dengan semua keindahannya. Ada Teluk Saleh dengan kekayaan ikannya, lautnya dan potensi kemaritimannya yang juga luar biasa,” jelasnya.

Dikatakan, keseluruhan kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora diringkas dalam menjadi kawasan Samota, yang akan menjadi kawasan masa depan NTB dan Kebanggaan Indonesia. “Kawasan Samota, Insya Allah akan bisa memberikan kontribusi tidak hanya ekonomi tetapi juga kekokohan kita sebagai satu bangsa,” tegasnya.

Diungkapkan, di Pelabuhan Badas beberapa bulan lalu, melepas pengiriman jagung  ke Vietnam sekitar 10.500 ton  dalam satu kapal.  “Kami berencana, tahun 2018 ini kami di NTB akan berkontribusi 300.000 ton ekspor jagung ke Vietnam dan Filipina,” katanya.

Dalam hal eksport tersebut, terdapat peroalan pencatatan daerah asal. Sebab, jagung dari Sumbawa musti melalui Surabaya, sehingga tercatat Jawa Timur sebagai daerah asal eksport.

“Kami mohon Pak Menteri, Pak Menko Maritim biasa menangani masalah ini. Mohon supaya pencatatan bisa di sini. Keseluruhan tentang ke-bea cukaiannya bisa diselesaikan di daerah. Sehingga itu tercatat menjadi kontribusi rill NTB untuk perekonomian nasional dan untuk kinerja ekspor kita,” jelasnya.

Ia berharap, Kegiatan Sail Moyo-Tambora dapat menjadi kompensasi bencana gempa bumi yang menimpa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. “Saya berterima kasih kepada menteri pariwisata. Karena bisa melaksanakan kegiatan Sail Moyo Tambora ini, kita semua tetap berkomitmen menjalankan kegiatan ini. Pak Menhub ada titipan dari Bupati mudahan Teluk santong  yang merupakan salah satu kawasan inti dari Samota bisa disiapkan pelabuhan untuk bisa memperkuat perekonomian di daerah,” ungkapnya, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran di Pemerintahan NTB, termasuk rekan kerja dari TNI dan Polri yang telah mendukung pemerintahannya selama 10 tahun.

Ditempat yang sama, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan duka mendalam atas kejadian gempa bumi yang menimpa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, serta mengakibatkan korban jiwa. “Kita doakan agar korban mendapatkan tempat di sisi-Nya. Dan NTB dapat kembali bangkit,” katanya.

Diungkapkan, Sail Moyo-Tambora dilakukan sebagai upaya mempercepat pembangunan dan promosikan potensi wisata matrtim Indonesia, secara khusus Sumbawa. Sail Moyo diambil dari nama Moyo dan Gunung Tambora dari Bima. Dan menjadi bagian daam kawasan Samota, Saleh, Moyo, dan Tambora yang memiliki potensi maritim cukup besar. Moyo-Tambora sangat tepat mewakili destinasi wisata di Sumbawa, karena kedua destinasi tersebut merupakan ikon kelas dunia.

Ia menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah ikut mendukung Sail Moyo-Tambora, termasuk Kabupaten Sumbawa. “Wisata Sumbawa, NTB, upaya sinergi antara kementrian dan guide. kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu yang memberikan dukungan sehingga terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pegelaran Sail Moyo-Tambora 2018 merupakan gelaran Sail Indonesia ke-10 sejak 2009. Sail Indonesia, awalnya dilakukan untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal. Namun sejak 2011, Sail Indonesia dihajatkan untuk mengembangkan potensi wisata daerah.

Ia menyampaikan duka terhadap masyarakat NTB yang tertimpa bencana gempa bumi sejak beberapa waktu lalu. “Saya apresiasi kepada semua pihak yang melakukan kegiatan amal dan kegiatan sosial untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak,” katanya.

Diungkapkan, Sail Moyoo-Tamboran merupakan kegiatan untuk membangkitkan potensi wisata di NTB, dan Sumbawa khususnya. “Kita yakin, saudara-saudara kita yang terdapak, dapat segera bangkit,” jelasnya. (Ks/Ms)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...