Beranda blog

Dikes Gelar Pelayanan Kesehatan Bergerak di Baturotok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Di Kabupaten Sumbawa masih terdapat wilayah-wilayah dengan kondisi geografis yang cukup sulit. Sehingga, tidak jarang penduduk setempat kesulitan mendapatkan berbagai pelayanan dasar, salah satunya kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kesehatan (Dikes) terus berupaya mendekatkan pelayanan bagi masyarakat yang berada di daerah tersebut. Baru-baru ini, Dikes telah menggelar Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendekatkan pelayanan.

“Kegiatan kami di Dikes ada tim kesehatan dengan TNI, Polri, Camat, dan Kades telah melaksanakan PKB di Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh selama 4 hari dari tanggal 15 – 19 Juli,” kata Kepala Dikes Sumbawa Junaedi kepada wartawan, Selasa (23/07/2024)

Dijelaskan, PKB ini merupakan program dari Pemerintah Pusat yang dilaksanakan oleh kabupaten dengan daerah terpencil. Kegiatan ini menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Tahun 2024.

“Kami mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat daerah terpencil termasuk membawa tiga dokter spesialis, seperti Spesialis Dalam, Anak, dan Kandungan. Mungkin selama ini masyarakat sulit mendapatkan pelayanan spesialistis, maka kami mendekatkan dengan program ini,” jelasnya.

Ia mengakui, kegiatan ini juga pernah dilaksanakan pada tahun 2018 lalu. Hanya saja, tidak dilanjutkan lantaran Covid-19 yang mewabah di seluruh wilayah Indonesia saat itu. Tahun ini, program PKB kembali dilanjutkan oleh pemerintah pusat.

Tahun depan sambung kadis, pihaknya akan mengusulkan kegiatan seperupa untuk wilayah sulit lainnya, misalnya Sebotok, hingga Ropang. Ia berharap, pemerintah pusat dapat terus mendukung kegiatan ini, mengingat di Kabupaten Sumbawa masih terdapat daerah sulit.

“Kita akan usulkan tahun depan untuk daerah lain yang membutuhkan, misalnya Sebotok, dan Ropang. Semoga pemerintah pusat terus mendukung kegiatan ini setiap tahun, karena kita ada daerah sangat sulit yang kesulitan dijangkau oleh pelayanan kesehatan. Dengan adanya kegiatan ini tentu kita berharap masyarakat mendapatkan pelayanan dengan baik,” pungkasnya. (KS)

Bupati Sumbawa Sampaikan Penjelaskan Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa – Drs.H.Mahmud menghadiri acara rapat paripurna DPRD kabupaten Sumbawa, pada kesempatan tersebut turut hadir ketua DPRD kabupaten Sumbawa- Abdul Rafiq.SH, Wakil Ketua 2 – Syamsul Fikri Ar. S.Ag.,M.Si, Nanang Nasirudin. S.AP., M.M.Inov, Seketaris Daerah,Para Asisten, Staf Ahli Bupati , kepala OPD,serta Camat dan lurah. Bertempat di ruang Sidang Utama DPRD kabupaten Sumbawa,Selasa (23/7/2024)
Dalam penjelasannya Bupati Sumbawa menyampaikan, rancangan perubahan KUA yang naskahnya telah kami sampaikan, selain memuat kerangka ekonomi makro daerah asumsi penyusunan rancangan perubahan APBD, dan kebijakan perubahan pendapatan daerah. Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.
PDRB kabupaten Sumbawa atas dasar harga berlaku di tahun 2023 mencapai 17,51 triliun dari 16,11 triliun dari Tahun 2022 atau meningkat sebesar 1,4 triliun(8,69%) kenaikan ini dipengaruhi oleh meningkatnya produksi di seluruh lapangan usaha, peningkatan tersebut mempengaruhi pencapaian target indikator makro daerah yang tertuang dalam KUA-PPAS tahun anggaran 2024, sehingga pada perubahan KUA dan perubahan PPAS ini Pemerintah Daerah menetapkan kebijakan untuk menjaga konsistensi pencapaian target indikator sampai akhir tahun 2024.
Lebih lanjut Bupati membacakan, belanja daerah pada perubahan KUA dan perubahan PPAS Tahun Anggaran 2024 secara garis besar diarahkan untuk pembiayaan program atau kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat dan program atau kegiatan prioritas lainnya yang anggarannya belum tersedia atau belum cukup terus dia dalam tahun anggaran berjalan seperti penyesuaian belanja gaji dan tunjangan pengalokasian anggaran sisa pekerjaan yang belum selesai pada tahun sebelumnya, kekurangan biaya jaminan kesehatan, pengalokasian sisa DBH-CHT tahun 2023, kekurangan anggaran listrik penerangan jalan umum, pembiayaan utang operasional rumah sakit umum daerah Sumbawa, belanja penyelenggaraan STQH, alokasi belanja program atau kegiatan baik program unggulan maupun pokok-pokok pikiran DPRD serta alokasi belanja wajib dan mengikat lainnya.
Dalam rancangan perubahan KUA dan perubahan PPAS daun anggaran 2024 belanja daerah meningkat sebesar Rp.108,79 Miliyar atau naik 5,47% dari sebesar Rp1,99 triliun menjadi sebesar Rp. 2,10 Triliun
Perubahan KUA dan perubahan PPAS tahun 2024 juga mengalami penyesuaian pada komponen pembiayaan daerah penerimaan pembiayaan daerah semula dialokasikan sebesar Rp.5,00 miliyar, meningkat sebesar Rp.53,57 miliyar sehingga menjadi sebesar Rp.58,75 miliyar yang bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran sebelumnya (SILPA)
Pengeluaran pembiayaan daerah semula dialokasikan sebesar Rp35,09 miliyar meningkat sebesar Rp.1,575 miliyar atau naik 4,49% sehingga menjadi sebesar Rp.36,67 miliyar peningkatan tersebut dialokasikan untuk penyertaan modal daerah kepada Perumdam batu lante.”Tutup Bupati. (KS)

Pemkab Sumbawa Adakan Kapal untuk 8 KUB

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) melakukan pengadaan kapal untuk 8 Kelompok Usaha Bersama (KUB). Pengadaan kapal berkapasitas dibawah 5 Gross Tonase (GT) itu, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,2 miliar.

Kepala Dislutkan Sumbawa, Rahmat Hidayat S.Pi MT., mengatakan, proses pengadaan dilaksanakan menggunakan sistem E-Catalog dan diperkirakan akan selesai sebelum akhir Juli 2024, sebelum masa kontrak berakhir pada Agustus mendatang.

“Berdasarkan laporan monitoring dan evaluasi yang dilakukan tim teknis, progres pekerjaan sudah mencapai finalisasi pemasangan mesin,” jelasnya.

Ia menyebutkan, kedelapan KUB dimaksud yakni, KUB Barisan Muda Badas Desa Labuan Sumbawa, KUB Saling Beme Desa Labuan Sumbawa, KUB Marlin Desa Labuan Sumbawa, KUB Semangat Bahari Desa Pukat Utan.

Kemudian, KUB Balong Niat Desa Labuan Kuris Lape, KUB Teluk Galumpang Desa Labuan Aji Tarano, KUB Lintas Bahari Desa Labuan Ujuk Moyo Hilir, dan KUB Tanjung Dewa Kecamatan Maronge.

“Dengan bantuan ini, Pemerintah Sumbawa berharap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan memajukan sektor perikanan,” pungkasnya. (KS)

Sambut Sail Indonesia 2024, Pemkab Sumbawa Bertemu Menkomarves dan KSAL

Jakarta, Kabarsumbawa.com -Dalam rangka mensukseskan sail to Indonesia 13-18 September 2024, Tim Pemkab Sumbawa yang dipimpin Asisten Sekda Bidang Ekbang, Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pariwisata menemui Pejabat terkait di Kemenko Marves dan Kepala Staf Angkatan Laut di Jakarta.

Dalam pertemuan di Kemenko Marves yang diterima Sesdiputi Ekraf dan Pariwisata Menkomarves mengapresiasi langkah proaktif Pemkab Sumbawa dalam persiapan Sail to Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Mamiq Suharmaji panggilan akrab asisten 2, menyampaikan bahwa Sail Indonesia tahun 2024 ini akan dipusatkan di titik labuh Baru yakni di pantai Gelora Kecamatan Utan.

“Kebetulan kegiatan penataan pantai gelora yang didanai melalui Kementerian PUPR hampir selesai untuk zona 1 dan 2,” ungkapnya.

Pertemuan ini sangat diapresiasi oleh Sesdeputi karena dilakukan sejak awal dapat mengidentifikasi kebutuhan yang diperlukan untuk kelancaran Sail to Indonesia.

Selanjutnya Kemenkomarves melalui Bidang terkait akan mengkoordinasikan dengan K/L karena memang semua punya tanggung jawab mensukseskan hajatan nasional ini.

Demian pula koordinasi yang dilakukan dengan KSAL melalui Kepala Dinas Potensi Kemaritiman AL, Brigjen Gatot Mardiono.

Menurut Jendral Bintang satu AL tersebut, kedatangan Tim Pemkab Sumbawa sangat baik. Hasil pertemuan ini akan ia sampaikan langsung ke Kasal. Brigjen Gatot yakin AL siap mendukung pelaksanaan Sail to Indonesia dengan memberikan rasa aman bagi para yatcher baik di darat lebih-lebih di laut.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata, Dr. Dedy Heriwibowo memberikan penjelasan mengenai agenda Sail Indonesia selama 6 hari. Beragam acara tersebut direncanakan akan dinikmati oleh para wisatawan yatcher dari 30 negara dan masyarakat luas. (KS)

Satpol PP Sumbawa Gelar Operasi Gabungan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa menggelar Operasi Gabungan peningkatan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, Selasa (23/07/2024) pagi tadi.

TNI, Polri, BNN, Dinas Sosial, dan Dinas KUKM Indag Sumbawa itu, menyasar sejumlah lokasi di Wilayah Kecamatan Sumbawa. Oparasi dipimpin oleh Kabid Tibum Tranmas, Mukhtamarwan, S.Pt.

Pada operasi ini, tim gabungan berhasil mengamankan sejumlah barang terlarang. Mulai dari minuman keras, hingga narkotika. Bahkan, juga diamankan sejumlah pasangan tidak sah yang berada di dalam satu kamar kost.

“Total miras yang diamankan sebanyak 270 botol berbagai merek. Kemudian tiga pemuda yang memakai nakotika. Ada juga pasangan tanpa pernikah yang berada di dalam satu kamar,” ungkap Wawe akrabnya disapa.

Hasil operasi ini lanjutnya, diserahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk ditindak lanjuti sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Diharapkan, kegiatan ini dapat mengurangi penyakit masyarakat dan meningkatkan peningkatan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di Kabupaten Sumbawa. (KS)

17 Atlet Dojang Patriot TC Sumbawa Siap Bertarung di Bali Taekwondo Indonesia Championship 2024

0

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bali Taekwondo Indonesia Championship 2024, akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 25 sampai dengan 29 Juli di Widyasabha, Univ, Udayana-Bali.

Sebanyak 17 atlet Taekwondo asal Dojang Patriot TC (Taekwondo Club) Sumbawa akan mengikuti ajang bergengsi tersebut.
Ketua Dojang Patriot TC, Yulius K.Putra,SH, M.Kn., mengaku sangat bangga dengan para atlet di Dojang Patriot TC.

Ia menyebutkan, semua atlet yang siap bertanding 17 orang yang terdiri dari 15 atlet turun di kelas pemula, sementaranya dua lainnya di prestasi.

“kami mengapresiasi setinggi-tingginya dan merasa bangga kepada atlet maupun pelatih, serta orang tua. Sebab hal ini jelas merupakan salah satu jalan menciptakan generasi emas bagi para atlet ke depannya,” kata Yulius, saat pelepasan atlet di KONI Sumbawa, Selasa (23/07/2024).

Menurutnya harapan besar dari Dojang Patriot TC adalah terciptanya generasi muda yang berkegiatan positif, sehat jasmani dan rohani. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah berprestasi yang membanggakan buat daerah.

Mengingat, semakin dekatnya PON 2028, yang akan dilaksanakan di NTB dan NTT, pihaknya berharap Cabor Taekwondo Sumbawa bisa mendulang emas pertama di PON. Dan target terdekat adalah Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) 2026 meningkatkan raihan emas dari sebelumnya. Diyakininya semua akan terwujud dengan tertibnya organisasi yang akan bermuara pada peningkatan prestasi.

“Karena itu kami berharap mendapat dukungan semua pihak khususnya KONI Kabupaten Sumbawa, selalu induk Olahraga di daerah. Kami juga berkepentingan mengharumkan nama daerah melalui prestasi olahraga,”tegasnya. (KS)

Lapas Sumbawa Besar Budidaya Tanaman Hortikultura

0

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar di bawah naungan Kanwil Kemenkumham NTB menggagas program pembinaan kemandirian yang inovatif yaitu budidaya tanaman hortikultura sebagai langkah strategis guna menghadirkan variasi produk pertanian di lingkungan Lapas. Program pembinaan kemandirian ditatalaksana oleh Kepala Seksi Kegiatan Kerja, Puska Apriyanto bersama jajaran.

Kalapas Sumbawa Besar, Purniawal menyampaikan bahwa program pembinaan kemandirian merupakan salah satu bentuk upaya dalam mendukung penyelenggaraan proses rehabilitasi narapidana.

“Sebagai upaya meningkatkan kualitas rehabilitasi narapidana, Lapas Sumbawa Besar meluncurkan program budidaya tanaman hortikultura yang bertujuan sebagai edukasi dalam pengembangan keterampilan narapidana guna mendukung proses pemulihan dan reintegrasi sosial narapidana,” terang Kalapas.

Senada dengan yang disampaikan Kalapas, Kepala Seksi Kegiatan Kerja (Puska Apriyanto) menyampaikan bahwa program diversifikasi produk pertanian ini dirancang untuk menciptakan variasi produk pertanian di Lapas Kelas IIA Sumbawa Besar dengan fokus pada tanaman hortikultura. Menurutnya, pemberdayaan narapidana melalui program pembinaan kemandirian akan memberikan kesempatan untuk narapidana terlibat aktif sembari belajar terkait budidaya, teknik-teknik pertanian, serta pengembangan keterampilan lainnya yang relevan.

Program budidaya tanaman hortikultural ini diharapkan dapat membantu pemulihan psikologis narapidana dengan memberikan perasaan pencapaian atas keberhasilan mereka mengikuti program pembinaan kemandirian yang diberikan. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan oleh narapidana di Lapas Kelas IIA Sumbawa Besar berupa tanaman sayur-sayuran seperti Kol dan Sawi dengan memanfaatkan lahan yang tersedia di dalam Lapas. (KS)

Wabup Sumbawa Serahkan Zakat, Infak, dan Sedekah Kepada Anak Yatim Tahun 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd., Distribusikan Zakat, Infak, dan Sedekah, kepada Anak Yatim tahun 2024, di Sekretariat Baznas Kab. Sumbawa, Selasa, 23 Juli 2024.
Tujuan pendistribusian zakat, infak, dan sedekah bagi anak yatim ini ialah untuk menunjang program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sumbawa dalam rangka menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.
Adapun jumlah penerima bantuan pada hari ini sebanyak 130 orang, masing-masing Rp. 200.000,- perorang, dengan total jumlah bantuan keseluruhannya sebesar Rp. 26.000.000,- yang dibagi di 8 kelurahan sekecamatan Sumbawa.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasi atas program-program dan kegiatan yang selama ini diselenggarakan Baznas berdampak positif, seperti pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat.
Oleh karena itu, Wabup berpesan agar Baznas dapat terus meningkatkan kinerjanya dalam mengelola, menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dengan berbagai program pendistribusian dan pendayagunaan tepat sasaran. (KS)

Tingkatkan Penegakan Hukum Keimigrasian, Imigrasi Sumbawa Bangun Sinergi dengan Kejati NTB

0

Mataram, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka memperkuat sinergi dan meningkatkan pengawasan orang asing di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kantor Imigrasi Sumbawa Besar yang dipimpin oleh Kepala yang visioner, Putu Agus Eka Putra, melakukan kunjungan kehormatan ke Kejaksaan Tinggi NTB pada hari Selasa, 23 Juli 2024.

Upaya ini mempertegas komitmen kuat kedua institusi untuk menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah NTB.

Putu Agus Eka Putra, didampingi oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian serta Kepala Subseksi Teknologi Informasi Keimigrasian, disambut hangat oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Dedie Tri Hariyadi, dan Asisten Intelijen, I Wayan Riana.

Pertemuan yang penuh keakraban ini menjadi bukti nyata komitmen kedua institusi untuk bersatu dalam mengawasi keberadaan orang asing di NTB. Sinergi ini sangat penting, terutama dalam mencegah pelanggaran keimigrasian dan menjaga keamanan wilayah.

Salah satu bentuk sinergi yang terjalin adalah dengan dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA). TIMPORA memiliki peran penting dalam memfasilitasi komunikasi dan koordinasi yang efektif antar pemangku kepentingan terkait pengawasan orang asing.

Memberikan saran dan rekomendasi ahli kepada instansi dan lembaga pemerintah terkait isu keimigrasian. Mitigasi potensi konflik yang melibatkan Warga Negara Asing (WNA) di wilayah NTB.

Putu mengatakan, kunjungan ini juga merupakan wujud bukti nyata komitmen bersama dalam meningkatkan penegakan hukum keimigrasian. Ia berharap sinergi ini dapat meningkatkan efektivitas pengawasan orang asing, mencegah pelanggaran keimigrasian, mewujudkan penegakan hukum yang adil dan transparan, serta menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah NTB.

“Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Parlindungan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar instansi dalam menyelesaikan tantangan dan tugas, sehingga tercipta NTB yang aman dan kondusif bagi semua orang,” pungkas Putu.

Kolaborasi antara Kantor Imigrasi Sumbawa Besar dan Kejaksaan Tinggi NTB merupakan langkah penting dalam mewujudkan NTB yang aman dan kondusif bagi semua orang. Sinergi ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan orang asing, mencegah pelanggaran keimigrasian, dan menegakkan hukum secara adil dan transparan. (KS)

Kabupaten Sumbawa Canangkan PIN Polio 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemberian tetes vaksin polio secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Sumbawa, kemudian pelepasan balon udara menandakan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan berlangsung di pagi di halaman kantor bupati setempat, Selasa (23/07/2024) itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Sekda, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala OPD, Kader Posyadu, serta perwakilan anak-anak sasaran imunisasi.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan, saat ini Indonesia sedang menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio. Setidaknya tercatat 8 Provinsi antara lain, Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten. Sementara 32 provinsi berstatus beresiko tinggi polio.

“Situasi ini mengharuskan kita untuk melakukan tindakan cepat dan tepat guna memutus mata rantai polio di negara kita,” ungkapnya.

Menurut Haji Mo, PIN Polio ini adalah langkah strategis yang diambil untuk memberikan imunisasi secara masif dan merata.

“Saya minta semua pihak untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa Junaedi dalam laporannya menyampaikan, program ini bertujuan melindungi anak-anak berusia 0 – 7 tahun dari polio yang menyebablan anak lumpuh permanen.

Adapun sasaran PIN Polio di Kabupaten Sumbawa ungkapnya, sebanyak 71.563 orang tersebar semua kecamatan. Kegiatan nanti akan dilaksanakan di Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Polindes, Posyandu dan Pos-pos PIN yang sudah di siapkan termasuk TK, PAUD, dan SD.

“Sudah tersedia vaksin dari pemerintah pusat. Nanti akan diberikan 2 dosis. Ini dosis pertama, dan dosis kedua diberikan pada tanggal 6 Agustus,” ungkapnya.

Harapnya, pelaksanaan PIN Polio ini dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, apa yang dihajatkan dalam program ini dapat terwujud.

“Kita harap semua sararan 100%. Kita sudah berkoordinasi dengan Dikbud dan Kemenag kerena sasaran ada di sekolah-sekolah. Kita minta seluruh komponen masyarakat ikut berpertisipasi bagaimana anak-anak bisa terimunisasi,” pungkasnya. (KS)

TGH Maarif Makmun Ungkap Fakta di Balik Dukungan kepada Pasangan ZulUhel di Pilgub NTB 2024

0

Lombok Tengah, Kabarsumbawa.com – Sebuah video berisi kesaksian dan pandangan sosok tuan guru kharismatik Lombok Tengah tentang pasangan yang didukungnya pada Pilgub NTB 2024 beredar luas dan viral di media sosial.

Siapa lagi kalau bukan Tuan Guru Haji (TGH) Maarif Makmun , Pimpinan Ponpes Manhalul Maarif Lombok Tengah yang selama ini dikenal sebagai Rais Suriah Nahdhlatul Ulama (NU) Kabupatan Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Dalam video berdurasi 4 menit tersebut, Tuan Guru menyambut gembira kedatangan Dr H Zulkieflimansyah SE MSc, mantan Gubernur NTB ke kediamannya dan secara blak-blakan menyatakan dukungan kepada Bang Zul yang berpasangan dengan H Suhaili Fadhil Tohir SH alias Abah Uhel yang keduanya disebut sebagai pasangan serasi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024 mendatang.

“Alhamdulillah, tadi datang di rumah Doktor Zul, Calon Gubernur Nusa Tenggara Barat, Incumbent yang akan berdampingan dengan Haji Suhaili, mantan Bupati Lombok Tengah. Alhamdulillah, melihat situasi seperti ini, kelihatannya pas sekali, serasi,”ulasnya.

Menurut Tuan Guru, nama sosok H Suhaili Fadhil Tohir SH sebagai mantan Bupati Lombok Tengah masih sangat dikenang masyarakat Lombok Tengah hingga sekarang, terutama keberhasilannya dalam membangun infra struktur dan banyak lagi yang lainnya.

Tuan Guru juga memuji keberhasilan Doktor Zul yang dinilainya sukses membangun Bumi Gora Nusa Tenggara Barat.

“Alhamdulillah, Wasyukurillah, maka saya sangat setuju dengan adanya persatuan antara dua insan ini, insan Lombok Tengah dan insan provinsi,”tegasnya blak-blakan.

Tuan Guru lebih lanjut menyampaikan alasannya tertarik kepada kedua figur pemimpin daerah yang dinilainya pas dan serasi.

Pertama, katanya, bukan karena apa-apa, tetapi karena ketulusannya dalam melaksanakan tugas.

“Nah, kepemimpinan Zul, kenapa saya tertarik sama dia? Bukan karena apa-apa, tetapi karena ketulusannya dalam melaksanakan tugas. Meskipun banyak kekurangan, kita tidak boleh mengungkit-ungkit kekurangannya. Orangnya, kebaikan-kebaikannya saja yang kita ukur. Rajin datang, dia kalau saya undang pasti datang. Juga, beberapa hal yang memerlukan bantuan, Alhamdulillah, juga dia memperhatikan, meskipun tidak semua harapan kami dipenuhi,”sebut Tuan Guru

Alasan berikutnya, lanjut Tuan Guru, program-program yang dilaksanakan selama menjadi Gubernut terutama program beasiswa yang disebutnya sebagai mendoktorkan Putra NTB.

“Sudah banyak yang berhasil didoktorkan sampai ke luar negeri, ada yang ke Eropa, ada yang ke Timur Tengah. Semuanya atas program beliau. Maka tidak salah kalau kita teruskan kebaikan-kebaikan yang telah dia tanam di sini,”akunya.

Ditegaskan Tuan Guru, dirinya tidak pernah mengucapkan calon lain, semuanya berpotensi baik, tetapi Tuan Guru mengharapkan dan mendoakan yang menang adalah pasangan Bang Zul dan Abah Uhel.

“Kenapa? Karena memang keduanya serasi. Suhaili berhasil di Lombok Tengah, Zul juga memimpin NTB lumayan berhasil, terutama dalam pembangunan SDM yang paling menonjol. Alhamdulillah, mudah-mudahan apa yang kami harapkan kedua-duanya bisa dilantik pada saatnya.Demikianlah harapan saya, selaku pimpinan Pondok Pesantren Manhalul Maarif, mengajak teman-teman seprofesi untuk bersama-sama mendukung,”cetus Tuan Guru.

“Kami tidak akan menggiring nama Nahdatul Ulama ke partai politik. Tidak akan pernah. Meskipun saya adalah Rais Suriah di Lombok Tengah ini, tetapi menggiring nama NU tidak akan kami lakukan karena itu aturan organisasi, komitmen pribadi, dan lembaga yang saya bimbing. Di bawah lembaga kami, banyak lembaga lain dari pondok pesantren juga akan bersama kami, Insyaallah.Kami tidak pernah menyinggung, memburuk-burukkan, atau mengurangi calon-calon yang lain. Semuanya baik dan berpotensi untuk memimpin Nusa Tenggara Barat. Namun, yang dua orang ini teruji, Suhaili teruji di Lombok Tengah, Zul teruji di provinsi,’pungkas TGH Maarif Makmun.

Pernyataan dan dukungan TGH Maarif Makmun selaku tokoh ulama kharismatik Lombok Tengah dari ormas Islam terbesar di Indonesia itu menambah daftar tokoh lintas agama di Nusa Tenggara Barat yang memberikan dukungan kepada Pasangan ZulUhel yang kini telah mengantongi 14 suara dari partai pengusung yakni PKS, Nasdem, Hanura dan Partai Demokrat. (KS)

Mahasiswa PPK Ormawa UNSA Dirikan Sekolah Konservasi untuk Anak-anak Pesisir

0

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Mahasiswa Universitas Samawa yang tergabung dalam tim pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Universitas Samawa, mencetuskan program sekolah konservasi untuk anak-anak nelayan di Labuhan Trata, Kecamatan Lape.

Kerusakan sumber daya alam dan lingkungan di daerah pesisir, seperti degradasi luas mangrove, kerusakan ekosistem terumbu karang, dan peningkatan jumlah sampah, telah menjadi isu permasalahan nasional yang semakin mendesak, menjadi alasan tercetus.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman anak-anak pesisir tentang pentingnya menjaga lingkungan pesisir dan laut sehingga dapat menciptakan generasi yang lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan laut.

Acara pembukaan dihadiri oleh mahasiswa pelaksana sekolah konservasi, guru SDN Labuhan Terata, siswa SDN Labuhan Terata, Dosen Pendamping Dr. Neri Kautsari, S.Pi., M.Si., Wakil Rektor III Universitas Samawa Dr. Syafruddin, SE., MM, Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan Dr. Sudirman, S.Pt., M.Si., IPM, serta unsur lainnya.

“Sekolah konservasi ini resmi dibuka pada hari Selasa, 16 Juli 2024, ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara SDN Labuhan Terata dan Universitas Samawa,” ujar Kepala Sekolah SDN Labuhan Terata, Rahmat Hidayat, Senin (22/07/2024).

Ia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Universitas Samawa yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan program konservasi.

“Saya selaku kepala sekolah merasa senang dengan adanya program sekolah konservasi yang digagas oleh adik-adik mahasiswa dari Universitas Samawa. Kami berharap program ini dapat memberikan ilmu baru untuk anak-anak di pesisir Labuhan Terata,” ungkapnya.

Maria Ulfa, Koordinator Sekolah Konservasi, menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan di SDN Labuhan Terata mulai minggu kedua bulan Juli 2024, melibatkan siswa kelas 3 hingga kelas 6.

“Pada sekolah konservasi ini, anak-anak diajarkan tentang fungsi, ancaman, dan cara menjaga tiga ekosistem penting di laut. Pembelajaran tiga ekosistem penting ini adalah dasar dari pembelajaran konservasi untuk anak-anak SD, dan kami berharap dengan sekolah konservasi ini dapat meningkatkan pemahaman anak-anak dalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir,” jelasnya.

Dr. Neri Kautsari, S.Pi., M.Si., Dosen Pendamping Mahasiswa Pelaksana, menjelaskan bahwa kegiatan sekolah konservasi ini memiliki tiga tujuan utama: peningkatan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan lingkungan, peningkatan soft skills mahasiswa, serta peningkatan pemahaman anak-anak pesisir tentang konservasi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi bagian dari dukungan perguruan tinggi dalam pembangunan daerah,” tandasnya.

Dengan adanya program sekolah konservasi ini, diharapkan anak-anak pesisir dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kelestarian ekosistem pesisir. (KS)