15 C
New York
Sabtu, September 23, 2023

Buy now

Penting Media dan Digital Society dalam Kehidupan

Penulis : Nofita – Mahasiswa Prodi PGMI  Universitas Muhammadiyah Mataram

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Media merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin sekaligus memiliki bentuk jamak atau sering disebut dengan medium. Sementara itu, kata media secara harfiah memiliki arti perantara. Dalam hal ini, perantara yang dimaksud adalah adanya perantara antara sumber informasi atau pesan (a source) dan adanya penerima pesan atau informasi (a receiver). Seiring dengan perkembangan zaman, media mengalami perkembangan juga, yang tadinya media hanya dalam bentuk kertas saja, sekarang media sudah bisa diakses melalui alat elektronik, seperti handphone, computer, laptop, dan sebagainya.Selain itu, di dalam dunia pendidikan pasti akan terjadi komunikasi antara peserta didik dengan guru atau pengajar dan sering dikenal dengan istilah media pembelajaran.

Digital Society adalah realita hidup di abad 21, bagaimana komunitas digital mengubah banyak sektor dalam kehidupan. Masyarakat terlahir ketika teknologi sudah hadir di kehidupan mereka. Namun, perubahan teknologi yang begitu masif ini membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk adaptif mengikuti trend mengingat masing-masing memiliki kondisi ekonomi dan budaya yang bervariasi. Pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang kurang merata di daerah-daerah terpencil hingga tataran desa membuat masih terdapat desa yang menjadi blackspot karena belum mendapat fasilitas jaringan internet.

Media memiliki tiga jenis, yaitu media visual, media audio, dan media visual audio : Media visual adalah salah satu jenis media yang lebih mengutamakan alat indera penglihatan, sehingga biasanya media ini berbentuk gambar, video, dan sebagainya. Pada umumnya, media visual yang sering digunakan oleh orang banyak adalah proyektor dan informasi yang disampaikan kepada penerima informasi dengan bentuk visual juga.Media audio adalah media yang biasanya dipakai untuk menyiarkan suatu informasi atau pesan melalui suara. Oleh sebab itu, alat indera pendengaran menjadi alat indera yang cukup penting dalam menerima pesan melalui media audio. Media audio ini biasanya sering kita temukan pada siaran-siaran radio. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, media audio mengalami perkembangan menjadi podcast. Dan Media visual audio adalah jenis media yang menggabungkan media visual dengan media audio, sehingga informasi yang diberikan berupa gambar atau video yang memiliki suara. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mengatakan kalau media visual audio ini lebih menarik untuk dilihat dan didengar. Penggabungan dua media ini bukan hanya merangsang satu alat indera saja, tetapi bisa langsung dua alat indera, yaitu alat indera pendengaran dan penglihatan

Digital society pun memiliki macam – macam seperti : Society 1.0.Pada masa ini manusia mulai mengenal tentang membentuk suatu kelompok menjadi masyarakat. Manusia mempertahakan diri mereka dengan cara berburu untuk mendapatkan makanan dan berpindah-pindah tempat untuk bertahan hidup. Manusia membuat berbagai peralatan sederhana danm kekuatan alam seperti api untuk memasak dan melindungi diri.Digital Society 2.0.Disebut sebagai era pertanian atau revolusi aglikultur. Manusia fokus untuk mengembangkan ilmu pengetahuan karena dengan bercocok tanam, manusia tidak perlu khawatir untuk melakukan perburuan dan berpindah-pindah untuk mendapatkan tempat tinggal yang memiliki sumber makanan. Digital Society 3.0.Dengan masyarakat yang semakin fokus untuk bercocok tanam disertai dengan jumlah masyarakat yang semakin kompleks, membuat kebutuhan akan bahan pangan dan sandang semakin meningkat. Dengan ilmu pengetahuan yang ada, manusia mulai membangun pabrik dengan memproduksi sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia bekerja di pabrik-pabrik dengan sistem upah.Digital Society 4.0.Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang membuat manusia mengenal komputer hingga internet sehingga dapat memperoleh informasi dengan cepat. Aliran data yang begitu cepat membuat kehidupan manusia seperti tidak ada jarak ruang dan waktu. Pada era teknologi ini, industri berlomba-lomba membangun sebuah produk yang membantu manusia semakin mudah dalam memperoleh ininformasian.Dan Digital5.0. Merupakan penyempurnaan dari society 4.0, dimana teknologi menjadi bagian dari manusia itu sendiri, bukan hanya untuk berbagi informasi, namun dapat memudahkan kehidupan manusia sehari-hari .

Adapun manfaat media yaitu : Sebagai Jurnal Harian.. Banyak orang yang tidak segan menceritakan perasaan atau apa Yang dialaminya di media sosial. Jadi, tidak salah bila kita menyebutkan salah satu manfaat medial adalah sebagai jurnal harian. Bertemu Teman Lama Sempat lost contact dengan teman masa sekolah atau kuliah? Ingin kembali berkomunikasi dengan rekan bisnis di perusahaan yang sebelumnya? Semuanya bisa Anda lakukan dengan media sosial.Mendapatkan Teman Baru.Manfaat media sosial yang lainnya yaitu membuka kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan orang baru. Media Hiburan.Tidak sedikit orang yang menyebutkan manfaat media sosial sebagai media hiburan. Dari platform tersebut, Anda bisa menemukan beragam konten menarik yang menghibur saat sedang suntuk atau lelah menjalankan aktivitas seharian.Penyalur Hobi.Rasanya akan menyenangkan jika kita bisa bercerita dengan sekelompok orang yang memiliki hobi serupa. Mendapatkan Informasi Terkini.Media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi seperti lowongan pekerjaan, berita hiburan, isu global, dan sebagainya.

Digital society memiliki manfaat yang dapat memudahkan segala urusan.Seperti : Memberikan kemudahan komunikasi Dengan adanya era digital saat ini tentunya semakin memberikan kemudahan dalam hal komunikasi. Mobile dan Fleksibel Era digital adalah masa dimana semua hal serba mudah dan tidak ada batasan.Internet Lebih Dominan Ketimbang Penggunaan Pulsa. Di era digital saat ini internet memang lebih mendominasi untuk berbagai kebutuhan masyarakat terutama kaum milenial. Mengingat pentingnya internet sehingga masyarakat lebih memilih untuk kehabisan pulsa daripada kehabisan paket data.Dan Kemudahan dalam Berbelanja dan Mendapatkan Apa yang Diinginkan Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini dengan adanya internet mulai bermunculan e-commerce atau toko online. Sehingga dalam hal ini memudahkan masyarakat untuk berbelanja atau mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa harus datang ke lokasi.

Adapun dampak positif dan dampak negatif dari media yaitu : Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah.Dan Dampak negatif dari media sosial adalah menjauhkan orang-orang yang sudah dekat dan sebaliknya, interaksi secara tatap muka cenderung menurun, membuat orang-orang menjadi kecanduan terhadap internet, menimbulkan konflik, masalah privasi, rentan terhadap pengaruh buruk orang

Digital society pun memiliki dampak positif dan negatifnya seperti contoh berikut ini:Adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI).Salah satu dampak dari perkembangan teknologi digital adalah adanya pelanggaran hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dilakukan oleh oknum tertentu. Dampak kedua di era digital adalah ketersediaan lapangan pekerjaan non digital yang rendah, hal ini karena kemajuan teknologi digital semakin canggih.Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta (hoax)Munculnya informasi digital yang tidak sesuai dengan fakta atau kebenaran yang dikenal dengan istilah hoax merupakan dampak negatif di era digital, hal tersebut terjadi karena rendahnya literasi informasi digital masyarakat.Adanya budaya malas gerak (mager) karena pengaruh penggunaan teknologi digital.Salah satu dampak negatif yang dirasakan adalah adanya budaya malas gerak (mager) yang terjadi karena pengaruh penggunaan teknologi digital. Adanya penipuan digital yang mengatasnamakan orang lain.Penipuan digital terjadi karena adanya penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan oleh oknum dengan kecanggihan teknologi digital.

Kehadiran media dan digital sangat penting dalam kehidupan manusia. Media dibutuhkan karena berfungsi sebagai sarana pemberian informasi kepada khalayak melaui berita-beritanya. Hanya saja bagi institusi media dan digital, informasi yang disampaikan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepentingan dan ideologi yang bisa mempengaruhi persepsi khalayak dalam memahami isi beritanya. Perkembangan teknologi turut memaksa manusia untuk menyeimbangkan dan menjadi pribadi yang lebih mampu memahami perubahan yang ada. Revolusi industri 4.0 adalah perkembangan industri yang didorong perkembangan teknologi atau perubahan besar terhadap cara manusia memproduksi sebuah barang. (KS)

Artikel ini dimuat untuk memenuhi tugas penulis. Jika ada hal yang ingin ditanyakan berkaitan dengan tulisan di atas bisa menghubungi penulis melalui email berikut ini nofita0107@gmail.com

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,868PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Berita Terkini