Bupati Sumbawa Berikan Solusi Pemanfaatan Tanah Eks Kebun Mete Di Muer

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Agar Status administrasi penguasaan Barang Milik Daerah (BMD) yakni tanah eks perkebunan mete di Desa Muer Kecamatan Plampang yang selama ini dikuasai oleh puluhan warga di Desa Muer Plampang.

Bupati Sumbawa H.M.Husni Djibril, B.Sc. memberikan solusi kapada puluhan warga  yang selama ini menempati lahan tersebut melalui perjanjian sewa. Keputusan itu disampaikan Bupati pada rapat Penertiban Pemanfaatan BMD, Kamis (01/03/2013) di Aula H. Madilaoe ADT Kantor Bupati.

Solusi tersebut bertujuan agar status administrasi penguasaan tanah tersebut menjadi jelas, sehingga pemerintah aman dan masyarakat juga aman.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Dijelaskan, dalam catatan administrasi pertanahan, tanah eks perkebunan mete itu merupakan lahan negara yang wajib diamankan oleh pemerintah. Di sisi lain, lahan tersebut digarap dan dimanfaatkan oleh masyarakat tanpa status yang jelas. Oleh karena itu, dengan adanya perjanjian sewa antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan masyarakat, maka keamanan masyarakat dalam mengelola lahan tersebut ada jaminan.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Dalam rapat tersebut Bupati menegaskan, tidak mungkin pemerintah menciderai kepentingan masyarakat, justru dengan adanya pola sewa menyewa yang tidak memberatkan, hak kelola oleh masyarakat menjadi jelas, dan menjadi jaminan keamanan bagi masyarakat pengelola BMD.

Sementara itu Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Baharuddin menjelaskan bahwa penertiban administrasi lahan seluas 66 hektar itu merupakan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPKRI), dalam rangka mempertahankan predikat pemeriksaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...